Awal Cerita merawat Ikan Koi

Awal Cerita merawat Ikan KOI

Ketika kecil saya melihat majalah intisari yang berisi gambar-gambar kolam tanah (mudpond), dan di permukaan kolam terlihat ratusan ikan KOI dengan mulut terbuka berebut makanan, dan terlihat juga punggung-punggung kawanan ikan itu yang terdiri dari banyak ragam dan pola warna, sangat menyejukan di pandang mata dan membawa saya ingin memelihara ikan koi.

Sungguh indah makluk ciptaan-Nya ini, mulai saat itu saya ingin sekali memiliki peternakan ikan koi dan merawat ikan koi, saya langsung ajak bapak saya menuju Gramedia di kota saya, di Bandung, Gramedia itu yang berada di Jl. Merdeka, ketika orang tua melihat majalah atau buku-buku yang diminati oleh beliau, saya terfokus pada sebuah buku cara beternak ikan KOI, saya sangat antusias membacanya, dan agak sedikit memaksa pada orang tua untuk membelinya, hehe.

Buku itu sangat asyik dibaca padahal sebelumnya saya ngga hobby baca, tapi klo baca tentang ikan saya bisa menyelesaikannya dalam 1 hari malah hehehe. Buku tersebut kebetulan praktek dan narasumbernya adalah di Hanura KOI yang berada di Bandung juga, karena pada saat itu saya masih duduk di bangku SD ya sekitar tahun berapa ya sepertinya (saya SD 1992-1998)  saya hanya ingin bermimpi mengunjungi tempat itu sebatas ingin dan mimpi, dan lalu kesampaian datang kelokasi itu saat saya duduk di bangku Kuliah (ketika punya SIM C ) hehe, saya lihat disana koi berukuran jumbo melenggak-lenggok dikolam yang dalam. Ditempat itu saya hanya bisa melihat dan tidak berani menanyakan harganya, karena prediksi saya tidak mungkin ikan jumbo itu saya tukar dengan uang jajan anak Kuliah hehehe..

Yah ditempat itu hanya bisa melihat dan menikmati ikan jumbo-jumbo, belum tahu cara merawat  ikan koi, memberi pakan, water treatment, ilmu filterasi, memilih koi yang baik ( memilih pola), jenisnya pun paling taunya kohaku, sanke, ogon , showa, tancho ngga hafal apa itu kumonryu, kujaku, koromo, goromo dll, istilahnya hafal yang beken aja😀,

Lalu tahun 2007 saya mulai membeli, bukan beli KOI tapi malah Goldfish atau ikan koki, yah memang ketika itu bapak saya berlangganan majalan trubus, jadi saya jadi mengerti tentang Ranchu, ryukin Oranda, dan saya pun mencoba di bidang per ikan kokian. Ketika saya mengunjungi showroom KOki di bandung, yang kebetulan jual ikan KOI juga, saya sempat di goda untuk mengoleksi dan merawat ikan KOI, tapi saya fokus pada ikan KOKI pada saat itu mungkin karena saya tidak punya kolam dan tidak mengerti seluk beluk ikan KOI.

Tahun 2013 saya mulai pindah rumah, dan saya langsung merencanakan niat baik saya membangun kolam untuk KOI, hehehe alibi.. padahal memang iya😀, saya konsultasikan pembuatan kolam yang berada di Lantai 2 pada teman-teman dan saudara-saudara yang memiliki pengetahuan sipil, thanks bro.. lalu saya konsultasikan juga mengenai sistem filtrasi kolam pada teman-teman pecinta KOi, walaupun hasil kolamnya tetap belum sesuai,

kolam ikan koki2 maklum ilmu koi ketika itu belum maksimal,hehe  yah akhirnya selesai dan saya masukan ikan F1 sanke yang katanya kelas show, tapi kandas dalam 1 minggu, perkiraan saya adalah air yang belum mature dan memang sudah ditulis oleh-Nya.. Niat baik itupun tidak putus sampai disitu saya harus mencari solusi dari semua itu, mulai lah saya mencari ilmu-ilmu KOI, baca, tanya, praktek… Mungkin segitu dulu share awal ini tentang memelihara dan merawat ikan KOI, nanti disambung lagi ya😀. Nih Saya kasih Pict ikan saya yang kebetulan sudah laku hehehe

memelihara ikan koi

best regards

Faisal Hartanto

Saldiscus KOI

261227A6

 

 

Leave a Reply

