Gambar kolam kutu air untuk ikan koki

Gambar kolam kutu air untuk ikan koki

Sebelumnya saya sudah menerangkan bagaimana cara kultur kutu air, maka kurang pas rasanya jika saya tidak mempraktekannya, setelah saya keliling2, akhirnya saya ketemu teman (namanya Giri), yang mau join beternak ikan koki, dan ternak kutu air untuk pakannya juga, baiklah di bawah ini saya coba share photo hasil ternakan kutu air untuk pakan ikan koki kami,

kolam kutu air untuk ikan koki

baik saya akan menceritakan ramuannya :) (emang obat jamu?, hehe) , ikuti langkah dibawah ini :

1. Pertama siapkan tempat atau kolam ukuran 1 x 40cm, isi dengan air 25cm saja

2. Siapkan kotoran ayam petelur 1 kg yang telah dikeringkan, masukan dalam kain, dan lubangi

3. masukan kotoran tadi kedalam kolam dan beri aerasi, tunggu beberapa hari sampai berwarna coklat..

4. masukan 1 bungkus kutu air yang berwarna merah

5. setelah beberapa hari kutu air, jegerrrrrr sudah berkembang biak dengan baik, setelah 1 bulan ganti kotoran dengan yg baru

kolam kutu air untuk ikan kokigambar diatas sudah penuh dengan kutu air seisi kolam, serok dengan penyaring kain, berikan pada ikan koki kesayangan.. :)

selamat memelihara ikan koki :)

related post :

About these ads

14 Responses to Gambar kolam kutu air untuk ikan koki

  1. nanya ya,
    untuk sirkulasi air dalam kolam , apa diperlukan ?
    saya hanya baca perlunya aerator. berfungsi sebagai 0ksigen.
    thanks atas sharingnYA.

    • saldiscus says:

      jadi sirkulasi dikolam digunakan akan lebih baik pak..
      untuk pertumbuhan lebih baik juga,
      jadi jika ada sirkulasi kolam maka nanti akan ada filter yang menyaring kotoran, maka air akan bersih selalu, namun dalam jangka waktu kurang lebih maksimal 1 minggu air diganti setengahnya saja,
      dan biasanya ada juga yang hanya menggunakan aerator saja, itu juga tidak apa-apa, tapi penggantian air harus lebih singkat, 1-2 hari sekali ganti air minimal setengahnya sambil menyipon kotorannya,karena kotoran tidak ada yang menyaring.. begitu pak :), selamat mencoba ya..

  2. ikhsan says:

    Pengalaman saya kultur kutu air,mulai hari ke3 produksi kutu air sangat baik & stabil,tapi setelah 1minggu berjalan malah jentik nyamuk yang mulai mendominasi.Apa ada solusi utk masalah tsb?

    • saldiscus says:

      tempat kulturnya beri aerator, sehingga air tidak menggenang dan tidak ada jentikny, jentik nyamuk nya diambil mas ikhsan, berikan pada ikan koki dewasa tidak apa2, dan bila masih tersisa tidak apa2 kok utk kultur kutu airny..

  3. partsepedaonthel says:

    Salam knal,mo nanya ni bro…medianya harus mengggunakan semen ato bak fiber jg bisa?trus baunya nyengat gak ☺•”̮♡hϱ♡hϱ♡hϱ♡”̮•☺

    • saldiscus says:

      semen aja, atau ember jg bisa, klo bak fiber sayang dipake buat kutu air,hehehe.. untuk baunya awal2 menyengat, lama-kelamaan baunya tdk terlalu menyengat pak.. selamat pelihara ikan hias atau ikan koki y..

  4. welL says:

    mau nanya mas :)
    ini caranya beda ya sama penetasan kutu airnya??
    apa harus pake indukan kutu air apa kotoran ayam di diamkan beberapa hari lalu bisa di isi pake artemia??

  5. welL says:

    mau nanya lagi mas,,terus kotoran ayamnya pake bener2 kotoran ayam (tai ayam) apa pake merang lalu di bungkus kain terus di lubangi??kalo pake sayuran kol yang udah di rebus bisa nggak mas??
    maap nanya terus masih awam :)

  6. hendra says:

    fungsi kain di lubangi apa ya?seberapa besar/bnyk di lubangi nya mas?thx

  7. hendra says:

    soalnya saya coba yg pake kol gagal,skrg mau coba pake kotoran ayam
    kalo kt pake filter jg apa ga kesedot kutu air nya mas
    mohon pencerahan nya,thx

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: