budidaya ikan koki

Budidaya Ikan Koki

Ok rekan – rekan sekalian sekarang saya akan mencoba sharing mengenai bagaimana cara budidaya ikan koki, mulai persiapan, pemijahan dan pakan, sebetulnya budidaya ikan koki tidaklah sesusah yang dibayangkan selama kita telaten dan tekun memelihara. Adapun kualitasnya baik atau buruk itu tergantung indukan dan perawatan.

Persiapan budidaya ikan koki

1. Siapkan tempat  aquarium atau fiber ukuran sedang khusus untuk budidaya ikan koki, aquarium bisa ukuran 100 cm x 40 cm x 40cm atau fiber bisa ukuran 1,2m x  1m x 50 cm.

2. Siapkan media untuk bertelur bisa itu ijuk atau tali rapia yang di untai2 hingga kecil  dan diikat dengan batu..

budidaya ikan kokibudidaya ikan koki

3. Siapkan indukan jantan dan betina, dengan perbandingan jantan dan betina 2:1 yang sudah siap kawin, untuk jantan minimal 7 bulan usianya, untuk betina sama dan perutnya sudah empuk ( itu berarti sudah terdapat telur didalam perutnya), Untuk indukan siapkan yang memenuhi kriteria terutama untuk badan, ekor, warna dan jambulnya

ini gambar saya ambil dari lintangluku.com

budidaya ikan koki

Langkah – langkah budidaya ikan koki :

1. masukkan media bertelur kedalam tempat pemijahan

2. beri aerator untuk asupan oksigen

3. masukan indukan jantan dan betina

4. biasanya telur dibuahi petang hari hingga pagi, kita bisa melihatnya dari pada media bertelur, telur berbentuk bulat berwarna putih kekuningan seukuran +/- 1 mm

5. ketika sudah terdapat telur pada media, angkat semua indukan dan pindahkan ke kolam lain.. biarkan di tempat pemijahan hanya rapia/ijuk yang terdapat telur yang menempel dan aerator

6. biasanya telur menetas 2 – 3 hari , setelah itu biarkan 2-3 hari juga tidak perlu diberi makan

penanganan setelah penetasan

1. setelah umur 1 minggu berikan artemia, sekarang sudah banyak yang jual telur artemia di toko2 ikan hias yang sudah besar, tinggal ditetaskan telur artemia itu dan bisa diberikan langsung pada burayak

2. setelah umur 2 minggu, berikan kutu air yang masih segar, jangan yang sudah mati diberikan pada ikan..

3. setelah umur 1 bulan atau sudah bisa makan cacing sutra, berikan cacing sutra yang sudah dibersihkan (sampai benar-benar bersih)

setelah pembesaran burayak sampai 1 bulan mulailah sortir ikan, adapun caranya nanti saya lanjutkan di posting selanjutnya ya..

itulah sedikit mengenai budidaya ikan koki, semoga bermanfaat

related post :

About these ads

18 Responses to budidaya ikan koki

  1. kiki says:

    like this, bisa dicoba..

  2. yusuf says:

    selain artemia,,untuk burayak yang baru berumur 3 hari ,,makanan lainnya selain artemia ada nggak??

    • saldiscus says:

      pakai kuning telur rebus yang di hancurkan secukupnya, sampai bisa makan kutu air, setelah bisa makan cacing, kasih cacing yg sudah dibersihkan..

      • yusuf says:

        emhh,,oke makasih banget Saldiscus’s Blog
        ini mau nanya,,kemarin sekitar 1 minggu lalu indukan ikan koki aq udh b’telur,,tesu kalo sekarang anaknya baru umur 3hari,,tapi kok indukannya udh ada telurnya lagi,,
        baiknya gimana??
        makasih

      • saldiscus says:

        iya biasanya klo udah usia indukan begitu, sering bertelur.. apalagi klo dikasih cacing.. baiknya pisahkan dlu dengan yg jantan, biar ngga dikejar dan kawin, kecuali klo ada tempat lagi untuk anakan nanti, pijahin lagi saja :D

      • yusuf says:

        waw,,asik ya bertelur terus,,iya tu si jantan ngebet banget :)
        makasih bangettt

  3. tata says:

    maaf gan mau tanya…ada ngga gambar ikan mas koki jantan dan betina??
    soalnya saya punya ikan mas koki,yang satu model mutiara udah gendut banget,yang satu lagi langsing tapi ekornya lebar banget…trimakasih

    • saldiscus says:

      waduh belum sy photo2 mas , cara membedakannya lihat di sirip dayung, depan, klo ada bintik2 putih itu jantan kalau tidak ada itu betina, tp tanda ini terlihat ketika ikan koki sudah dewasa (diatas 7/8 bulan)

  4. Mr.Cuby says:

    pade saya punya ikan mas koki (engga tau jenis nya apa ) yang matanya belo.,saya simpan di aquarium bulat .itu bisa hidupnya langgengga yach.

    • saldiscus says:

      bisa saja pak, yang matanya belo bisa jenis demekin atau red moore, atau black moore, caranya pakai aerator klo di aquarium bulat, dan harus sering ganti air (dengan air baru yg sudah diendapkan semalam) minimal seminggu sekali.. kasih pakan secukupnya saja sehari 2-3 kali , jgn banyak2,,

  5. welL says:

    mau nanya mas..ini artemia yang udah di tetaskan sama kutu air itu sama nggak ya??

    • saldiscus says:

      beda mas, artemia dengan kutu air itu beda, klo artemia biasanya dijual telurnya dan tinggal ditetaskan dilarutan air garam , itu juga bisa buat pakan burayak ikan koki.. :) dan ukuran lebih kecil dari kutu air..

  6. toto says:

    kalo saya dikasih telur rebus malah mati mas. gimana ya?

  7. Igor Hotasi Simamora says:

    Mas saya benar2 baru d bidang ikan hias tawar ini terutama ikan koki,
    1. Pertanyaan saya apakah semua ikan koki yg berumur 7 bulan langsung dapat di persiapkan untuk kawin?
    2. Bagaimana membedakan antara jantan dan betina yg bagus dan siap kawin?
    3. Bagaimana cara mengkawinkan silang antar jenis koki? Dan adakah resiko2 nya?

    Terimakasih gan buat infonya, mohon pencerahannya?

    • saldiscus says:

      halo salam kenal bang..

      untuk jawabannya
      1. ya kebanyakan rata-rata usia untuk kawin sekitar 7 bulanan terutama yang betina, setelah menginjak usia itu, mulai lihat perutnya apakah sudah empuk (mengandung telur)
      2. perbedaan jantan betina, klo dari tidak detail, terlihat betina badannya besar dan perut bulat , jantan bentuk lebih kecil perut langsing,
      klo cek detail : jantan -> di sirip dayung ada bercak2 putih menonjol kecil
      betina -> tidak ada
      3. kawin silang bisa-bisa aja bang, cm resikonya anaknya yang sesuai diinginkan sedikit, dan genetiknya belum stabil, artinya ketika di kawinkan lagi dgn bentuk baru blm tentu anakny begitu semua, jd harus berkali2 sampai stabil

      terima kasih
      -isal :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: